You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Hargomulyo

Kap. Kokap, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Sejarah Kalurahan


ASAL - USUL

Kalurahan Hargomulyo (nomenklatur lama Desa Hargomulyo) secara administratif berdiri sejak tahun 1952, merupakan gabungan dari 3 kelurahan, yakni Kelurahan Sawon di sebelah barat, Kelurahan Pripih di bagian tengah dan Kelurahan Banjaran di sebelah timur. Kelurahan Sawon terdiri dari Pedukuhan Tapen, Tlogolelo, dan Grindang dipimpin oleh seorang Lurah bernama R. Mangkudisastro, Kelurahan Pripih terdiri dari pedukuhan Pripih, Pucanggading, Kadigunung dan Tonobakal dipipmppin oleh seorang Lurah bernama R. Atemosetiko, sedangkan Kelurahan Banjaran terdiri dari pedukuhan Banjaran, Tangkisan I, Tangkisan II, dan Tangkisan III dipimpin oleh seorang Lurah bernama R. Mangkupuspito. 

Berdasarkan musyawarah ketiga kelurahan tersebut sepakat bergabung menjadi satu Desa bernama Hargomulyo. Adapun arti dari kata Hargomulyo adalah : Hargo berarti gunung ( wilayah banyak terdiri dari wilayah pegunungan). dan Mulyo berarti sejahtera. Jadi Hargomulyo mengandung maksud daerah yang banyak terdiri dari areal pegunungan tetapi rakyatnya dapat sejahtera.

Dokumen Lampiran Sejarah Desa
Bagikan artikel ini: