You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Hargomulyo
Kalurahan Hargomulyo

Kap. Kokap, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo

Upacara Adat Memetri Sendang Pengilon

Administrator 24 Februari 2022 Dibaca 967 Kali
Upacara Adat Memetri Sendang Pengilon

Upacara adat adalah salah satu tradisi masyarakat tradisional yang masih dianggap memiliki nilai-nilai yang masih cukup relevan bagi kebutuhan masyarakat. Selain sebagai usaha manusia untuk dapat berhubungan dengan arwah para leluhur, juga merupakan perwujudan kemampuan manusia untuk menyesuaikan diri secara aktif terhadap alam dan lingkungannya. Kamis, (17/02/22), Padukuhan Banjaran,Kalurahan Hargomulyo, tepatnya di Sendang Pengilon, telah diadakan Upacara Adat Memetri Sendang Pengilon. Diadakannya Memetri Sendang ini, dengan bertujuan agar masyarakat tidak meninggalkan kepercayaan leluhur dan selalu menjaga dan melestarikan alam sekitar.

Upacara adat ini dihadiri oleh, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulonprogo, Dra. Niken Probo Laras, S.Sos, M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Kulonprogo, Kristanti Yuni Purnawanti, S.H., M.H., dan ketua MLKI Kulonprogo, Trisno Raharjo.

Ketua Kalurahan Budaya Hargomulyo, Umar Sanusi H.P, pada sambutannya menyampaikan bahwa Tradisi Memetri Sendang Pengilon diadakan setiap tahun sekali, makna filosofi pada ritual memetri sendang ini, adalah ungkapan syukur akan berkah yang telah diberikan dari sumber air tersebut. Adapun nilai edukatif dalam mitos dan ritual ini adalah nilai moral, nilai adat (ritual), dan nilai sejarah.

 Semoga kedepannya Memetri Sendang Pengilon dapat dikemas sebagai Aset Wisata Budaya tahunan. Dengan bekerja sama dengan Pokdarwis, Pengurus Kalurahan Budaya dan pemerintah Kalurahan Hargomulyo.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image