Selamat Datang di Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo

Artikel

Upacara Adat Memetri Sendang Pengilon

24 Februari 2022 09:34:58  Administrator  135 Kali Dibaca  Berita Desa

Upacara adat adalah salah satu tradisi masyarakat tradisional yang masih dianggap memiliki nilai-nilai yang masih cukup relevan bagi kebutuhan masyarakat. Selain sebagai usaha manusia untuk dapat berhubungan dengan arwah para leluhur, juga merupakan perwujudan kemampuan manusia untuk menyesuaikan diri secara aktif terhadap alam dan lingkungannya. Kamis, (17/02/22), Padukuhan Banjaran,Kalurahan Hargomulyo, tepatnya di Sendang Pengilon, telah diadakan Upacara Adat Memetri Sendang Pengilon. Diadakannya Memetri Sendang ini, dengan bertujuan agar masyarakat tidak meninggalkan kepercayaan leluhur dan selalu menjaga dan melestarikan alam sekitar.

Upacara adat ini dihadiri oleh, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulonprogo, Dra. Niken Probo Laras, S.Sos, M.H., Kepala Kejaksaan Negeri Kulonprogo, Kristanti Yuni Purnawanti, S.H., M.H., dan ketua MLKI Kulonprogo, Trisno Raharjo.

Ketua Kalurahan Budaya Hargomulyo, Umar Sanusi H.P, pada sambutannya menyampaikan bahwa Tradisi Memetri Sendang Pengilon diadakan setiap tahun sekali, makna filosofi pada ritual memetri sendang ini, adalah ungkapan syukur akan berkah yang telah diberikan dari sumber air tersebut. Adapun nilai edukatif dalam mitos dan ritual ini adalah nilai moral, nilai adat (ritual), dan nilai sejarah.

 Semoga kedepannya Memetri Sendang Pengilon dapat dikemas sebagai Aset Wisata Budaya tahunan. Dengan bekerja sama dengan Pokdarwis, Pengurus Kalurahan Budaya dan pemerintah Kalurahan Hargomulyo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Pripih, Hargomulyo, Kokap, Kulon Pogo
Kalurahan : Hargomulyo
Kapanewon : Kokap
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55653
Telepon : 085975331187
Email : desahargomulyokokap@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:374
    Kemarin:212
    Total Pengunjung:27.402
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.232.59.38
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID