You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Kalurahan Hargomulyo

Kap. Kokap, Kab. Kulon Progo, Prov. DI Yogyakarta
Info

Kalurahan Budaya Hargomulyo Tampil Memukau dalam Gelar Potensi Desa Budaya Kulon Progo 2021


Kalurahan Budaya Hargomulyo Tampil Memukau dalam Gelar Potensi Desa Budaya Kulon Progo 2021
Kalurahan Budaya Hargomulyo berpartisipasi dalam Gelar Potensi Desa Budaya Kabupaten Kulon Progo 2021 yang diselenggarakan pada Selasa (23/11/2021) di Taman Budaya Kulon Progo. Kegiatan ini diikuti oleh 15 kalurahan budaya di Kabupaten Kulon Progo, diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta dan dukungan dari Dana Keistimewaan.
Pada kesempatan ini Kalurahan Budaya Hargomulyo tampil memukau dengan menampilkan Drama Kolosal dan Tari berjudul "Hambengkas Sukerto", menceritakan sukacita petani di Kalurahan Hargomulyo karena hasil panen melimpah. Namun suatu hari tanaman padi siap panen diserang hama tikus. Warga yang kebingungan melaporkan kejadian ini pada Ki Lurah. Di tengah kegundahan Ki Lurah karena kejadian ini, muncullah seorang resi dan memberikan saran kepada Ki Lurah untuk menggelar upacara mengarak pusaka Tombak Kyai Tundung Mala mengelilingi kalurahan sebagai bentuk sarana/lantaran memohon pada Sang Pencipta. Usaha tersebut membuahkan hasil, akhirnya hama tikus sirna. KI Lurah mengadakan pagelaran kesenian rakyat sebagai bentuk syukur pada Sang Pencipta atas usaha bersama masyarakat dalam membasmi hama tikus. 
Bagi sahabat yang ingin menyaksikan siaran ulang penampilan 15 kalurahan budaya yang tampil dalam Gelar Potensi Desa Budaya Kabupaten Kulon Progo 2021, khususnya Kalurahan Hargomulyo, dapat menyaksikan kanal Youtube Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta atau menekan tautan ini.
Bagikan artikel ini: