You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Hargomulyo
Kalurahan Hargomulyo

Kap. Kokap, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo

Kelas Ibu Hamil Sebagai Salah Satu Upaya Pencegahan Stunting

Administrator 12 September 2019 Dibaca 857 Kali

Pencegahan stunting yang saat ini sedang digalakkan Pemerintah Kulon Progo merupakan salah satu prioritas dalam penggunaan Dana Desa. Pemerintah Desa Hargomulyo melalui bidang Kesejahteran Masyarakat/Kesra mengadakan kegiatan pencegahan stunting dalam bentuk Kelas Ibu Hamil bekerjasama dengan Puskesmas I Kokap dengan anggaran yang bersumber dari APBDes Tahun 2019. Jika biasanya pencegahan stunting yang dilaksanakan selama ini lebih ke arah pemberian PMT maupun Posyandu, maka untuk kali ini Pemerintah Desa Hargomulyo berharap agar stunting dapat dicegah mulai dari bayi dalam kandungan.

Dalam kelas ibu hamil tersebut tidak hanya dihadirkan Ibu Hamil tetapi juga bersama pasangan/suami. Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan edukasi bagi orang tua calon bayi terkait dengan kebutuhan gizi maupun hal-hal lain yang perlu dilakukan oleh orang tua pada masa hamil agar anak yang akan lahir dapat terpenuhi kebutuhan gizinya sejak di dalam kandungan. Dengan terpenuhinya gizi anak dalam kandungan maka diharapkan ketika lahir nantinya anak tersebut akan terhindar atau minimal mengurangi risiko stunting. Selain sosialisasi masalah gizi pada kegiatan tersebut juga dibagikan makanan tambahan dari Puskesmas Kokap I bagi Ibu Hamil dan juga sosialisasi terkait Inisiasi Menyusu Dini (IMD).

Ibu Rokhana Purwanti ( Bidan Desa ) selaku narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kelas ibu hamil yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin baik menggunakan dana dari Puskesmas maupun dengan APBDes. Beliau juga berterimakasih kepada Kepala Desa yang telah memberikan alokasi dana untuk kegiatan di bidang kesehatan dan berharap kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan di Tahun 2020 mendatang.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image