You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan Hargomulyo
Kalurahan Hargomulyo

Kap. Kokap, Kab. Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang di Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo

Pencegahan Penyakit Malaria, Mahasiswa KKN UAD Sosialisasi di Padukuhan Tangkisan II

Administrator 03 Maret 2022 Dibaca 1.052 Kali
Pencegahan Penyakit Malaria, Mahasiswa KKN UAD Sosialisasi di Padukuhan Tangkisan II

Hari Rabu (02/03/2022) bertempat di Posyandu Anggrek Padukuhan Tangkisan II, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan terkait “Kenali dan Berantas Malaria”. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kerjasama mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan dengan Puskesmas Kokap serta tindak lanjut dalam rangka mengingatkan kembali kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan penyakit Malaria di masa pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Saryono selaku Dukuh Tangkisan II, Ibu Sunariyah sebagai Ketua Posyandu Balita, ibu – ibu Tangkisan II, beserta mahasiswa KKN Reguler 88 Unit XII.A.3. Kegiatan tersebut berlangsung dari 13.00 sampai dengan pukul 14.30 dengan penyampaian bahaya Malaria, jenis-jenis Malaria, gejala dan pencegahan Malaria.

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa kasus penyakit Malaria terus meningkat setiap harinya, hal tersebut terjadi karena kurangnya informasi yang diberikan kepada masyarakat di Padukuhan Tangkisan II. Tujuan dari pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UAD Unit XXII.A.3, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat Tangkisan II agar lebih peduli terhadap lingkungan sehingga dapat mencegah dan memutus mata rantai penularan malaria. 

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UAD di wilayah Padukuhan Tangkisan II. Kegiatan ini dirasa perlu mengingat saat ini masih musim penghujan yang biasanya nyamuk berkembang biak dan membawa penyakit yang menular melalui gigitan nyamuk. Salah satunya yaitu penyakit Malaria yang disebabkan oleh parasit bernama Plasmodium. Bahaya dari penyakit Malaria yaitu Anemia, pada wanita hamil dapat mengalami keguguran, hingga berujung kepada kematian.

Kasus Malaria di Kalurahan Hargomulyo, terutama di Padukuhan Tangkisan II masih dalam zona hijau. Puskesmas Kokap juga telah melaksanakan Massive Blood Surveillance (MBS) secara menyeluruh kepada mahasiswa KKN UAD pada Sabtu, 05 Februari 2022. MBS ini merupakan pengambilan sampel darah di beberapa padukuhan di Kalurahan Hargomulyo.  Kegiatan MBS memperoleh sampel darah sebanyak 90 mahasiswa KKN UAD yang diterjunkan di Kalurahan Hargomulyo.



Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image